Manajemen Perjalanan : Gowes Itu Menjadi Happy



Akhir tahun 2018 sangat indah, diakhiri gowes bareng Gobar ke Cianten Bogor, bersama-sama temen-temen dari Yooss, Binbic, Jokam, dan dari Pingku, Godam dan entah dari mana lagi hehehe ...., yang penting sama-sama penikmat olahraga bersepeda. 

Beberapa kali saya ikut Gowes Bareng, Gobar bersama-sama teman-teman, sungguh asik memang. Tetapi saya amati juga, kurangnya Manajemen perjalanan, terlihat dari permasalahan yang dihadapi, seperti saat hujan tidak menggunakan raincoat atau jas hujan, saat malam tidak menggunakan lampu penerangan jalan, atau terkadang pulang sampai larut malam tanpa ada perencanaan yang jelas. Sehingga sering menggantungkan pada "Faktor Keberuntungan" saja, hari ini selamat dan sehat, tetapi saat kita berkegiatan di alam, seperti mendaki gunung, berlari ataupun bersepeda di alam bebas, bagi saya wajib merencanakan perjalanan tersebut.

Simak Kegiatan Gowes :




Walaupun gowes dalam pedesaan yang masih dekat dengan kehidupan bermasyarakat kita tetap wajib merencanakan perjalanan, apalagi yang jauh dari kehidupan masyarakat seperti ke dalam hutan, tempat yang jauh dari keramaian. Merencanakan perjalanan menjadi wajib untuk dilaksanakan sebelum kegiatan berlangsung. Apa yang harus direncanakan ? Tak ada maksud untuk menggurui, hanya berbagi pengalaman saja ... oke brooo....

Merencanakan Perjalanan.
  • Tujuan perjalanan, (mengumpulkan informasi) setidaknya kita mengetahui tujuan kemana kita akan gowes sehingga kita bisa menitip pesan pada keluarga dirumah. Tujuan perjalanan dapat kita pelajari dan kumpulkan infonya dari photo-photo goweser yang sudah pernah ke trek tujuan kita, searching di google; mengenai maps (peta), posisi dan letak tujuan gowes, gambaran medan yang akan dilalui, level ketinggian trek, perkampungan yang terdekat, titik penjemputan (evakuasi),  dan lain sebagainya.
  • Lama perjalanan, kita merencanakan lama perjalanan, waktu yang direncanakan untuk bersepeda. Terkadang kita sekedar berangkat gowes untuk waktu singkat, pagi sampai siang, atau sampe sore, bahkan sampe malam hari, tidak jelas lama waktunya. Sebaiknya direncanakan dari awal bahwasannya kita gowes dengan waktu yang jelas. Dari perencanaan waktu akan terkait dengan perlengkapan dan perbekalan.
  • Perbekalan dan perlengkapan, dengan mengetahui tujuan perjalanan dan lama waktu yang akan ditempuh, maka kita mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan yang sesuai, bila waktunya singkat persiapkan seperti : air minum, pompa, permen, uang di kantong, baterai HP (full atau empty) dan lain sebagainya. Sedangkan bila waktu relatif lama dan tujuan yang jauh, membutuhkan perlengkapan dan perbekalan yang lebih banyak, seperti pompa, ban cadangan, senter lampu jalan, biskuit, air minum, uang, jas hujan, toolkit dan lain sebagainya. Sedangkan bila waktu tempuh, medan yang akan dilalui adalah daerah pegunungan yang jauh dari perkampungan, maka perbekalan dan perlengkapan juga semakin banyak, seperti roti, nasi bungkus, air minum, powerbank, HT, Kompas, Jas hujan, dan makanan yang praktis seperti coklat yang penuh energi, dan tentunya perlengkapan lain seperti diatas.
  • Manfaat Manajemen Perjalanan yang baik, adalah untuk memberikan rasa nyaman, aman, tenang, nikmat, sehat, baik pada saat melaksanakan kegiatan maupun pasca kegiatan. jadi sisihkan waktu untuk mempersiapkan segalanya, baik teknis maupun non teknis. Yang utama kan kesehatan setelah kegiatan.
  • Semoga bermanfaat, mari persiapkan kegiatan gowes Anda dengan baik, sehingga kita tetap sehat dan gembira.




YOUTUBE GOWES CIANTEN


Posting Komentar

0 Komentar