Sisik Naga Pyrrosia Picisan Duduitan Pis-pisan

Sisik Naga (Pyrrosia)
Bukan ahli tanaman obat atau ahli biologi apalagi fotografer profesional, hanya untuk mengisi waktu luang kita berbagi, melalui foto di sekitar rumah Bintaro 9, halaman Children Play Ground CPG atau di tanah kavling yang belum di bangun. Berbekal CANON saku CANON Digital Camera PowerShot A2500 - Black
Tertarik pada sebatang pohon yang tinggi ditumbuhi dengan tanaman merambat berdaun kecil-kecil menyerupai uang recehan ratusan, limapuluhan koin. Dahulu waktu kecil di Kampung halaman di Gianyar Bali, tanaman ini tumbuh di atap rumah yang terbuat dari ijuk, dan kalau sakit bisul, don pis-pisan ini ditumbuk halus, trus ditempel disekitar bisul.
PICISAN (SISIK NAGA)

Pengetahuan didapat dari Mbah Google, ternyata memang ini tanaman obat.
Sisik naga dalam bahasa jawa disebut picisan dan dalam bahasa sunda sinamai duduitan merupakan tanaman merambat yang biasanya merambat pada batang pohon atau beberapa daerah dirambatkan pada dinding. Sedangkan pada pohon tanaman untuk obat ini menjadi gulma yang menghambat pertumbuhan tanaman tempat menempel. sisik naga ini mempunyai sekitar 100 species. secara umum sisik naga dapat digunakan untuk menanggulangi sariawan, pada keadaan lain dapat juga meringankan penderita sukar buang air besar (sembelit), sakit perut, pendarahan dalam, juga disentri. 
Tanaman Duduitan Pyrrosia

Sebelum menggunakan sebaiknya Anda benar-benar mengathui cara penggunaannya, agar tidak bertambah parah.

Posting Komentar

0 Komentar