TUTORIAL 3D : MEMBUAT MODEL 3D OBJEK SOLID

MEMBUAT MODEL 3D OBJEK SOLID

1. PEDIT ( Command : Pe )

Perintah Pedit adalah digunakan untuk menggabungkan garis dan busur agar manjadi satu kesatuan sehingga dapat jadikan objek 3d modeling.

Persiapkan objek yang terdiri atas garis dan busur, terlihat seperti contoh objek yang belum ter-join satu sama yang lain, kemudian lakukan langkah sebagai berikut :

Command: pe (Enter)
Object selected is not a polyline
Do you want to turn it into one? <Y> y (Enter)
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltypegen/Undo]: j (Enter)
Select objects: 1 found
Select objects: 1 found, 2 total
Select objects: 1 found, 3 total
Select objects: 1 found, 4 total
Select objects: 1 found, 5 total
Select objects:
4 segments added to polyline
Enter an option [Open/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype gen/Undo]: (Enter)


2. REVOLVE ( Command : Rev )

Revolve adalah perintah yang berfungsi membuat objek 3D solid dengan memutar bidang datar 2D tertutup pada sumbu putar X, Y atau Z, selain berdasarkan sumbu putar, anda juga dapat menggunakan objek garis sebagai sumbu putar.

Perintah revolve akan bekerja apabila objek dasarnya merupakan objek polyline tertutup, jikalau objek dasar merupakan kumpulan dari garis dan busur, gabungkan terlebih dahulu objek-objek tersebut dengan perintah PEDIT > Join

Untuk menggunakan perintah ini lakukan langkah berikut :
  • 1.    Persiapkan objek 2D dengan ukuran bebas
  • 2.    Pilih Menu > Draw > Modeling > Revolve ; atau
  • 3.    Command : Rev (Enter)
  • 4.    Pilih Objek yang akan direvove
  • 5.    Tekan Enter
  • 6.    Klik titik pertama
  • 7.    Klik titik kedua
  • 8.    Masukkan nilai sudut perputaran objek
  • 9.    Tekan Enter
Contoh :


3. EXTRUDE ( Command : Ext )

Extrude adalah perintah untuk memberikan ketebalan atau ketinggian terhadap objek 2D yang bersifat tertutup dan membentuk suatu kesatuan objek. Perintah ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • 1.    Persiapkan sebuah objek 2D tertutup secara bebas
  • 2.    Pilih Menu Draw > modeling > extrude atau
  • 3.    Command : Ext (Enter)
  • 4.    Select objects to extrude: 1 found (klik objek)
  • 5.    Select objects to extrude: (Enter)
  • 6.    Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper angle]: 5 (Enter)

4. ROTATE3D ( Command : Rotate3d )

Perintah ini digunakan untuk memutar objek 3D berdasarkan sumbu putar 3 Dimensi, yaitu X, Y, Z. Caranya sebagai berikut :

Pilih menu Modify > 3D Operations > 3Drotate , atau
Command : Rotate3d (Enter)
Pilih objek yang akan diputar
Tekan Enter
Tentukan sumbu perputaran objek ( x , y atau z ).
Klik pointer/kursor pada satu titik untuk menentukan sumbu perputaran.
Masukkan nilai untuk menentukan sudut perputaran objek.
Tekan Enter
Contoh :
Command: rotate3d
Select objects: Specify opposite corner: 1 found (klik objek)
Select objects: (Enter)
Specify first point on axis or define axis by [Object/Last/View/Xaxis/Yaxis/Zaxis/2points]: x
Specify a point on the X axis <0,0,0>: (klik pada satu titik)
Specify rotation angle or [Reference]: 90 (Enter)


5. TOOLS 3D


6. PERINTAH BOOLEAN

Perintah ini digunakan untuk mengelola objek solid modelling dan objek region dengan pilihan menggabungkan, mengurangi atau mencari perpotongannya, dengan syarat kedua objek saling bersinggungan. Perintah 3D Boolean yang dipakai adalah :

7. UNION
Berfungsi untuk menggabungkan objek solid modelling atau objek 2D region. Caranya sebagai berikut :
  • Buatlah 2 buah sembarang objek 3D solid yang bersinggungan
  • Pilih menu modify > solid editing > union, atau Command : Uni (Enter)
  • Pilih semua objek yang akan digabungkan
  • Tekan Enter

8. SUBTRACT
Berfungsi untuk mengurangi objek region atau objek 3D solid modelling. Caranya sebagai berikut :
  • Buatlah 2 buah sembarang objek 3D solid yang bersinggungan
  • Pilih menu modify > solid editing > subtract, atau Command : Su (Enter)
  • Pilih objek yang akan dikurangi
  • Tekan Enter
  • Pilih objek yang sebagai pengurang/pemotong
  • Tekan Enter
9. INTERSECTION
Berfungsi mencari ruang / bidang perpotongan objek region atau objek 3D solid modeling. Caranya sebagai berikut :
  • Buatlah 2 buah sembarang objek 3D solid yang bersinggungan
  • Pilih menu modify > solid editing > intersection, atau Command : _intersect (Enter)
  • Pilih semua objek
  • Tekan Enter

BACA JUGA : DASAR-DASAR MENGGAMBAR 3D

Posting Komentar

2 Komentar

APABILA KURANG BERKENAN ATAS DIMUATNYA FOTO ANDA, MOHON HUBUNGI ADMIN : EMAIL : sobat_lama007@yahoo.com AKAN SEGERA DIHAPUS, TERIMA KASIH